Tasikmalaya

TASIKMALAYA

Tasikmalaya adalah wilayah yang ada di provinsi jawabarat negara indonesia dengan penduduk masyoritas islam dengan sebagian besar keseharian penduduknyanya pedagang dan petani

Sukapura ( Tasikmalaya ) kabupaten di Priangan yang diresmikan oleh Sultan Agung dari Mataram

Peresmian dilakukan pada 9 Muharam Tahun Alif yang bertepatan dengan 20 April 1641.

Dua kabupaten lainnya adalah Kabupaten Parakanmuncang dan Bandung

( Ref : Sukapura (Tasikmalaya)” karya Ietje Marlina yang dimuat dalam buku Sejarah Kota-kota Lama di Jawa Barat (2000: 91-110) dan Sejarah Kota Tasikmalaya, 1820-1942 (2010), karya Miftahul Falah. )

leluhur Sukapura

Pangeran Kusuma Diningrat merupakan leluhur Sukapura yang berasal dari kerajaan Pajang.
1587 – 1601

Dia merupakan salah satu pewaris tahta kerajaan pada waktu itu. Oleh karena itu sewaktu terjadi perang saudara antara Pajang dan Mataram, karena Pangeran Kusumah Diningrat belum dewasa, dia di titipkan pada Sultan Demak.

Sambil menunggu peperangan selesai, Pangeran Kusumah Diningrat mengembara mencari ilmu, dan sampailah di tanah Sunda.

Tepatnya di Kampung Padarek, Kecamatan Cigalontang. Dia mendapat julukan ‘Pangeran Dago Jawa’.

Nasab pangeran kusumah diningrat secara lengkap adalah:

Pangeran Kusumah Diningrat bin Sayyid Abdul Halim / Pangeran Benawa / Sayyid Abdurrahman / Jaka Tingkir bin Sayyid Shihabudin / Ki Ageng Pengging bin Sayyid Muhammad Kebungsuan / Handayaningrat (Kesultanan Kelantan) Bin Sayyidina Jamaludin Khusen Bin Sayyidina Ahmad Syah Jalal Bin Abdulloh Khon Bin Sayyidina Abdul Malik Azmatkhan.

Adanya garis silsilah ini merupakan suatu bukti bahwa Keluarga Sukapura merupakan Ahlul Bait Rosululloh dengan Fam Azmatkhan, karena berasal dari keturunan ABdul Malik Azmatkhan

Sejarah Sebelum Jadi TASIKMALAYA

Nama Sukapura menurut Babad Soekapoera (R. Kertianagara), berasal dari kata “suka” yang berarti “asal” atau “tiang” dan “pura” berarti “karaton” atau istana.

Dengan demikian, Sukapura bisa mengandung arti “djedjerna karaton” atau “asal-mula istana”, karena di tempat itulah kabupaten Sukapura berdiri.